≡ Menu

Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Kanker Saluran Empedu

Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Kanker Saluran Empedu

Kanker saluran empedu merupakan suatu kanker yang diakibatkan oleh pembelahan dan pertumbuhan sel – sel tidak normal yang ada dalam empedu. Meskipun penyakit kanker saluran empedu masih jarang ditemui namun setiap tahunnya selalu ada peningkatan dalam jumlah kasus penderita kanker saluran empedu. Kanker saluran empedu cendereung dialami oleh kaum wanita. baca : cara mencegah kanker paru

Penyakit ini bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit mematikan karena banyak peneliti yang menyatakan bahwa harapan hidup penderita kanker saluran empedu maksimal hanya 5 tahun dengan presentase yang dimiliki hanya 3% saja.

Gejala Kanker Saluran Empedu

  1. Nyeri Pada Area Perut. Gejala kanker saluran empedu sangat umum terjadi dikalangan masyarakat hanya saja yang membedakan rasa sakitnya akan sangat terasa pada bagian kuadran kanan atas yang disertai dengan mual – mual hingga muntah dan perut kembung. Setelahnya penderita akan mengalami penurunan berat badan secara signifikan.
  2. Nafsu Makan Menurun. Peradangan yang terjadi pada dinding empedu akan menimbulkan efek tidak nafsu makan pada sang penderita kanker saluran empedu.
  3. Urin Memiliki Warna Keruh. Pada umumnya penderita kanker saluran empedu cenderung memiliki warna urine yang lebih keruh atau lebih gelap dari warna urine pada biasanya. Hal ini diakibatkan oleh pengingkatan bilirubin dalam daran.
  4. Benjolan Pada Perut. Benjolan ini akan terasa pada bagian perut kanan atas. Pada saat diraba akan terasa sangat sakit, dan rasa sakit ini akan terasa seperti menyebar ke area dalam perut bahkan dapat mencapai bahu sebelah kanan.

Penyebab Kanker Saluran Empedu

Dibawah ini beberapa penyebab kanker empedu yang dirangkum dari berbagai sumber. Antara lain sebagai berikut :

  1. Menopause Dan Menstruasi Dini. Menopause dan menstruasi dini pada wanita dapat memicu resiko terkena kanker saluran empedu. Ketika Anda mengalami masa menstruasi lebih awal dari kebanyakan wanita pada usia Anda, maka Anda juga akan mengalami menopause lebih awal. Hal inilah yang menjadi penyebab kanker saluran empedu menyerang tubuh Anda.
  2. Penderita Polip Kandung Empedu. Kanker saluran empedu akan memiliki potensi yang cukup besar menyerang pada penderita polip kandung empedu. Terjadinya pembesaran pada polip akan meningkatkan resiko 23% terkena kanker saluran empedu. Jika ukuran polip melebihi atau mencapai 10mm.
  3. Penderita Batu Empedu. Penderita batu empedu memiliki potensi 38 kali lebih besar terjangkit kanker saluran empedu disbanding mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit empedu. Maka lakukanlah pengecekan ke dokter secara rutin untuk memastikan kesehatan tubuh Anda.

Faktor resiko kanker saluran empedu lainnya sebagai berikut :

  • Kebiasaan merokok berlebihan dengan jumlah dan frekuensi banyak
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi
  • Mengkonsumsi mkanan yang pedas
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet

Cara Mengobati Kanker Saluran Empedu

Operasi Atau Pembedahan

Cara mengobati kanker saluran empedu ini merupakan pengobatan medis yang dilakukan secara langsung untuk mengangkat sel tumor penyebab kanker. Tumor yang diangkat ada yang seluruhnya ada juga yang hanya sebagian saja. baca : cara mencegah kanker pankreas

Kemoterapi

Kemoterapi untuk mengobati kanker saluran empedu dilakukan untuk meredakan gejala – gejala yang muncul akibat pertumbuhan sel kanker di dalam empedu. Prosedur ini akan membantu mengatasi dan mengurangi rasa nyeri, dan gatal – gatal. Bahkan hingga munculnya nanah dalam empedu pun dapat ditangani dengan cara mengobati kanker saluran empedu dengan kemotherapi ini. baca : deteksi dini kanker ovarium

Untuk penanganan yang lebih cepat, Anda tentunya diharuskan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli dan melakukan pengecekan secara berkala, untuk mencegah dan meminimalisir keadaan terburuk yang akan kita alami.

SOP Akreditasi

  • Kanker saluran empedu
  • Penyakit menular kanker rahim empedu
  • Gejala penyebab dan cara mengatasi kanker empedu
  • heng ana bisa mengobati kanker saluran empedu
  • kangker empedu

About the author: Muhammad Putra Kusuma, Pegawai Dinkes Kab. Bangka Barat. Mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia, Epidemiologi Komunitas

Show Buttons
Hide Buttons