≡ Menu

Apa pengertian Akreditasi Puskesmas ?

Apa pengertian Akreditasi Puskesmas ?

Dalam pandangan awam akreditasi puskesmas adalah sebuah pengakuaan dari badan independen terhadap perubahan menuju ke arah yang lebih baik dari pelayanan puskesmas. Kalau kita merujuk pada PERMENKES No. 46 Tahun 2015 dijelaskan pada pasal 1 ayat 1 disebutkan sebagai berikut :

Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi yang selanjutnya disebut Akreditasi adalah pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah memenuhi standar Akreditasi.

Melihat definisi yang disebutkan dalam PERMENKES bahwa ada kata – kata “ setelah memenuhi standar akreditasi  “ artinya bahwa di dalam penilaian dan pemenuhan elemen – elemen akreditasi wajib memenuhi semua standar elemen penilaian yang ada. Dalam memenuhi elemen penilaian yang ada sebetulnya puskesmas di haruskan melaksanakan apa yang ada di dalam elemen penilaian. Ada dokumen dan proses implementasi yang wajib dilakukan guna mencapai akreditasi dan peningkatan mutu.

Pelanggan atau selanjutnya disebut masyarakat adalah salah satu sasaran dalam akreditasi ini. Kepuasan terhadap pelanggan dalam setiap pelayanan di puskesmas menjadi titik tumpu dalam ruhnya akreditasi dan peningkatan mutu. Kepuasan pelanggan di rancang seiring dengan peningkatan mutu pelayanan di Puskesmas.

5 Elemen input dalam akreditasi puskesmas adalah sebagai berikut :

  1. Harapan pelanggan

Ada keterlibatan masyarakat dalam pemenuhan elemen pelayanan yang ada di dalam puskesmas. Masyarakat menyampaikan usulan dan harapannya terhadap kegiatan yang ada di puskesmas. Intinya adalah masyarakat punya peran dalam peningkatan mutu pelayanan puskesmas.

  1. Pemenuhan : sarana, prasarana, alat, SDM, dana dan obat

Seiring dalam peningkatan mutu pelayanan puskesmas instrumen sarana, prasarana, alat, SDM, dana dan obat menjadi bagian yang tidak tepisahkan dalam pemenuhan implementasi akreditasi puskesmas.

  1. Pelaksanaan manajemen puskesmas

Bila 2 hal di atas sudah masuk dalam implementasi puskesmas maka penguatan manajemen puskesmas menjadi hal yang tidak terpisahkan. Fungsi kunci kepala puskesmas adalah bagian dari bagaimana kepala puskesmas mengatur atau me menej  staf nya di puskemas.

  1. Standar, pedoman dan SOP.

Standar, pedoman dan SOP digunakan dalam setiap imlementasi kegiatan puskesmas.

Demikian sekilas mengenai pengertian Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi serta elemen input akreditasi puskesmas.

SOP Akreditasi

  • pengertian akreditasi
  • akreditasi adalah
  • pengertian akreditasi puskesmas
  • arti akreditasi
  • akreditasi puskesmas adalah

About the author: Muhammad Putra Kusuma, Pegawai Dinkes Kab. Bangka Barat. Mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia, Epidemiologi Komunitas

Show Buttons
Hide Buttons