≡ Menu

Apa dan siapa saja yang berperan dalam proses implementasi Akreditasi Puskesmas ?

Apa dan siapa saja yang berperan dalam proses implementasi akreditasi Puskesmas ?

Dalam pelaksanaan proses akreditasi puskesmas tentunya banyak pihak yang berperan di dalamnya. Peran dari masing – masing lintas sektor terkait pastinya akan mendukung kemudahan akselerasi dalam proses pencapaian akreditasi puskesmas. Berikut beberapa pihak yang berperan dalam proses akreditasi puskesmas antara lain :

  1. Kementerian Kesehatan : Dukungan FAFKTP, pembuatan NSPK, penyusunan Roadmap tingkat pusat, penganggaran dan pembiayaan ( dekon, APBN, DAK ), sosialisasi dan advokasi, peningkatan bimbingan tekhnis SDM.
  2. Kemendagri, Kemenkue, Kemenkokesra, Bappenas : dukungan kebijakan dan pembiayaan serta dukungan advokasi dan sosialisasi ke pemda.
  3. Dinas Kesehatan Propinsi : Pelatihan Pendamping Akreditasi Kab/Kota, Penyusunan Roadmap Akreditasi Tingkat Provinsi, Bimbingan Teknis dan Supervisi.
  4. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota : Lokakarya penggalangan komitmen, Workshop pengenalan standar dan instrumen, Self Assessment, Pendampingan Penyusunan Dokumen, Pendampingan Implementasi & Penilaian Pra Survei, Penyusunan Road map Akreditasi tingkat Kab/kota, Pengusulan Survei, Penganggaran Implementasi dengan APBD maupun DAK nonfisik, Bimbingan dan Supervisi.
  5. Puskesmas : Pembentukan tim mutu, Penyusunan Dokumen, Implementasi, Evaluasi Implementasi
  6. Masyarakat/LSM : sebagai pemberi masukan dalam peningkatan mutu pelayanan puskesmas

SOP Akreditasi

  • pengertian implementasi akreditasi
  • akreditasi implementasi?
  • implementasi akreditasi
  • surveyor akreditasi siapa aja
  • kontribusi dinas kesehatan untuk penilaian akreditasi di puskesmas

About the author: Muhammad Putra Kusuma, Pegawai Dinkes Kab. Bangka Barat. Mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia, Epidemiologi Komunitas

Show Buttons
Hide Buttons