≡ Menu

7 Prinsip Dasar Pengendalian Penyakit Berbasis Lingkungan

7 Prinsip Dasar Pengendalian Penyakit Berbasis Lingkungan

Dalam pengendalian penyakit berbasis lingkungan tentunya penyebabnya adalah multi faktor diantaranya adalah kondisi lingkungan dan mobilisasi penduduk yang cepat dan tidak terkonsentrasi pada satu titik tertentu.  Banyak disiplin ilmu yang akan terlibat di dalamnya sehingga memerlukan peran dari berbagai pihak terkait. Tentunya urusan ini tidak hanya menjadi urusan kesehatan saja tetapi juga menjadi urusan stakeholder yang berkaitan di dalamnya.

Beberapa kegiatan di bawah ini yang sudah dikembangkan pemerintah dalam pengendalian penyakit berbasis lingkungan antara lain adalah

  1. Pemetaan distribusi penyakit berbasis wilayah.

Pemetaan ini di lakukan untuk menentukan prioritas pengendalian. Pemetaan juga berbasis wilayah dan berbasis penyakit.

  1. Survailans berbasis penyakit dan survailans migrasi.

Pemantauan secara terus menerus dan sistematik terhadap semua penyakit berbasis lingkungan. Untuk melihat kondisi riil di lapangan.

  1. Penyediaan Logistik

Penyiapan logistik untuk pengendalian seperti Rapid Test, insektisida dan peralatan penunjang lainnya.

  1. Peningkatan Kapasitas Petugas Kesehatan

Peningkatan kapasitas tenaga kesehatan yang berkecimpung di dalam sistem pengendalian. Misalnya pelatihan tenaga epidemiolog, tenaga entomolog, tenaga laboratorium dan manajemen penyakit spesifik tersebut.

  1. Intervensi Lingkungan

Ini dilakukan untuk mengintervensi lingkungan pada penyakit tertentu misalnya penyakit Malaria dilakukan modifikasi lingkungan dan intervensi kimiawi.

  1. Penelitian dan Riset

Ini dilakukan untuk menemukan foktor resiko baru dan manajemen pengendalian yang paling baik serta menemukan pola pengendalian yang paling tepat. Melihat faktor resiko kecenderungan pola penyakit dan kaitannya dengan masyarakat.

  1. Monitoring dan Evaluasi

Selalu dilakukan monitoring dan evaluasi untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah di lakukan.

7 hal inilah yang menjadi prinsip dasar dari pengendalian penyakit. Untuk intervensi spesifiknya tergantung pada penyakit dan pola penyebarannya serta struktur masyarakatnya.

SOP Akreditasi

  • pengelolaan penyakit berbasis lingkungan
  • penyakit berbasis lingkungan
  • penyakit berbasis lingkungan dan pencegahan
  • informasi untuk pengendalian penyakit berbasis lingkungan
  • prinsip pengendalian penyebaran penyakit puskesmas

About the author: Muhammad Putra Kusuma, Pegawai Dinkes Kab. Bangka Barat. Mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia, Epidemiologi Komunitas

Show Buttons
Hide Buttons