≡ Menu

5 Tantangan Sistem Informasi Kesehatan di Indonesia

Seperti kita ketahui bahwa dalam penerapan Sistem Informasi Kesehatan di Indoensia tentunya tidak mudah. Beberapa tantangan dalam implementasinya masih banyak kita temui sehingga memerlukan kebijakan dan kerjasama yang terintegrasi di dalamnya. Diantaranya tantangan tersebut adalah

*Globalisasi. Banyak ragam perangkat lunak Sistem Informasi Kesehatan sehingga membingungkan unit operasional dalam menginputnya. Juga membingungkan pihak pengambil kebijakan dalam menentukan model dan sistem yang nantinya akan digunakan guna menghasilkan input, proses dan output yang maksimal sesuai dengan kebutuhan yang ada.

*Tantangan ekonomi global dan kemampuan keuangan pemerintah. Ini berkaitan dengan ketersediaan kemampuan keuangan pemerintah dalam menyediakan budgeting guna operasional dan penyiapan perangkat lunak dan perangkat keras dalam implementasi Sistem Informasi Kesehatan.

*Tantangan untuk membangun jejaring lintas unit dan lintas sektor. Tantanngan ini terkait integrasi dalam menyatukan input Sistem Informasi Kesehatan yang lintas sektor. Karena masing – masing sektor atau unit punya definisi dan aplikatif sendiri dalam meninterpretasikan datanya. Masing-masing Sistem Informasi cenderung untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya menggunakan cara dan format pelaporannya sendiri. Sehingga unit – unit operasional dalam melaporkan datanya terbebani. Dampaknya informasi yang di hasilkan kurang akurat.

*Ancaman keamanan informasi. Ancaman ini tentunya tidak dapat di pandang sebelah mata karena faktor keamanan informasi menjadi penting terkait dengan jenis data dan informasi yang menjadi input dan output yang nanti dihasilkan.

*Tantangan otonomi daerah. Ini sebagai implementasi dari UU No. 2 tahun 1999 tentang pemerintahan daerah dan UU No. 25 tahun 1999 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah. Sehingga daerah punya otoritas dalam menentukan arah kebijakan sendiri termasuk di dalamnya mengenai arah kebijakan Sistem Informasi Kesehatan untuk kabupatennya.

sumber makalah : kelas kesmasintermediet. FKMUI2016

SOP Akreditasi

  • kelemahan dan tantangan sistem informasi kesehatan
  • tantangan sistem informasi kesehatan pada otonomi daerah
  • apa tantangan dan pantangan sistem informasi
  • content
  • implementasi data dan informasi akreditasi puskesmas

About the author: Muhammad Putra Kusuma, Pegawai Dinkes Kab. Bangka Barat. Mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia, Epidemiologi Komunitas

Show Buttons
Hide Buttons