≡ Menu

# 1. Tahapan Persiapan akreditasi puskesmas : Lokakarya

# 1. Tahapan Persiapan akreditasi puskesmas : Lokakarya

Ini adalah tahapan paling awal yang dilakukan oleh tim pendamping akreditasi puskesmas. Dalam tahapan lokakarya yang di bahas dan di diskusikan adalah

  1. Gambaran umum tentang akreditasi puskesmas.
  2. Manfaat yang di dapat puskesmas.
  3. Apa saja peran puskesmas dan stakeholder lainnya.
  4. Pemahaman tentang kebijakan akreditasi puskesmas.
  5. Kerangka konsep akrediatasi.
  6. Membangun komitmen pimpinan dan seluruh staf puskesmas.
  7. Pembentukan panitia dan pokja yang akan membantu akreditasi puskesmas ( pokja ADMEN, pokja UKM, pokja UKP serta tim auditor ).
  8. Penandatanganan kesepakatan bersama sebagai bentuk komitmen bersama. Seluruh peserta yang hadir menandatangani lembar kesepahaman tanpa terkecuali.

Lama pelaksanaan lokakarya ini adalah 1 ( satu ) hari. Yang di undang dalam kegiatan ini adalah lintas sektor, Camat, Lurah, Kepala desa, LSM, BPD, organisasi masyarakat, seluruh staf puskesmas serta tokoh masyarakat.

Di dalam pertemuan lokakarya ini hendaknya di tindaklanjuti dengan pemilihan anggota tim Mutu akreditasi Puskesmas. Langsung menyusun struktur organisasi tim mutu. Baik itu pemilihan ketua tim mutu beserta perangkatnya. Pemilihan ketua pokja dan penanggung jawab masing masing bab ( terdiri dari 9 bab ) serta tim auditor.

Selanjutnya ditentukan dan di sepakati  jadwal kegiatan selanjutnya.

SOP Akreditasi

  • lokakarya akreditasi puskesmas
  • loka karya akreditasi puskesmas
  • contoh panitia penggalangan komitmen akreditasi puskesmas
  • tim admen
  • dalam akreditasi pusk apa pengertian lokakarya

About the author: Muhammad Putra Kusuma, Pegawai Dinkes Kab. Bangka Barat. Mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia, Epidemiologi Komunitas

Show Buttons
Hide Buttons