≡ Menu

Tips dan Cara Mudah Lulus Tes SIMAK Universitas Indonesia ( UI )

Tips dan Cara Mudah Lulus Tes SIMAK Universitas Indonesia ( UI )

Temans tidak bisa di pungkiri bahwa Universitas Indonesia ( UI ) adalah salah satu universitas favorit di Indonesia. Universitas yang sudah banyak menelurkan orang-orang hebat di negeri ini. Calon mahasiswa di seluruh Indoensia berlomba-lomba untuk ikut mendaftar disini. Terkadang terkonsentrasi di UI sehingga pada saat tes ujian kampus UI membludak karena ramainya calon mahasiswa.

Dari berbagai diskusi saya dengan beberapa teman, memang terkesan sulit untuk dapat bersaing agar lulus ujian masuk UI. Sebetulnya tidak juga asal kita tahu strategi dan persiapan untuk tes di UI. Berikut ini saya berbagi pengalaman saya lulus ujian masuk UI pada program Magister ( S2 ) Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Studi Epidemiologi Komunitas.

  1. Pastikan kita tahu kapan pendaftaran di buka. Pada saat tulisan ini di buat pendaftaran akan dibuka pada tanggal 3 Oktober – 4 November 2016. Lihat jadwal lengkapnya disini.
  2. Pelajari tes apa saja yang akan di ujikan. Seperti diketahui UI hanya menerapkan ujian tertulis yang berupa TPA ( tes pengetahuan akademik ) dan Bahasa Inggris.
  3. Perbanyak latihan soal-soal TPA dan Bahasa Inggris. Karena semakin banyak latihan soal teman-teman akan banyak mempelajari tipe soal TPA dan bahasa Inggris.
  4. Sebelum hari ujian saran saya teman-teman uji dulu kemampuan TPA di Oto Bappenas. Lihat pelajari disini dan lihat jadwalnya disini. Ini bertujuan untuk menguji kemampuan kita menyelesaikan tes TPA dan hasilnya bisa dilampirkan pada saat kita mendaftar di SIMAK UI ( bisa saja jadi pertimbangan akademik ).
  5. Lakukan juga uji tes Toelf atau EPT ( english placement test ). Cari tempat yang di rekomendasikan. Kalau mau kursus bisa disini sebagai alternatifnya.
  6. Usahakan nilai skor kita pada saat tes TPA dan Toefl bisa diatas 500.
  7. Setelah semua di rasa cukup silahkan mendaftar di SIMAK UI sesuai jadwal yang sudah ada.
  8. Ikuti semua petunjuk pendaftarannya ( bisa lihat disini ).
  9. Ada sebagian yang bilang. Bila mau lulus ambil jurusan yang tidak begitu populer ( bukan saran ).
  10. Setelah mendapat nomor registrasi dan tempat tes silahkan cek dahulu sebelum ujian. Karena ini mempengaruhi waktu tempuh mulai masuk kampus UI ( jalannya jauh he he he ) bisa memperkirakan estimasi waktu.
  11. Jaga fisik agar tidak sakit.
  12. Karena tes dimulai pukul 7 : 15 WIB sebaiknya pukul 06 : 30 kita sudah tiba di tempat ujian.
  13. Konsentrasi dan banyak-banyak berdoa.

Cara di atas adalah cara yang saya lakukan. Memang butuh persiapan matang karena kita bersaing dengan sedemikian banyak calon mahasisawa dari seluruh Indonesia. Ini ajang kompetisi. So, persiapkan dengan matang. Selamat mencoba.

SOP Akreditasi

  • trik lulus simak ui
  • Tips lolos simak ui
  • tips lulus simak ui
  • tips simak ui
  • https://akreditasipuskesmas org/tips-dan-cara-mudah-lulus-tes-simak-universitas-indonesia-ui/

About the author: Muhammad Putra Kusuma, Pegawai Dinkes Kab. Bangka Barat. Mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia, Epidemiologi Komunitas

Show Buttons
Hide Buttons