≡ Menu

Survey Akreditasi Puskesmas : Persiapkan Hal-hal berikut dengan matang

Survey Akreditasi  Puskesmas : Persiapkan Hal-hal berikut dengan matang.

Temans. Apa yang teman-teman kerjakan beberapa bulan ini mulai dari lokakarya, workshop akreditasi puskesmas, penyusunan dokumen, self assasment, implementasi sampai pada pra survey akan sementara bermuara pada penilaian / survey akreditasi puskesmas. Puskesmas kita akan di nilai oleh tim akreditasi nasional dan akan mendapat pengakuan tertulis apa hasilnya. Apakah hasilnya remedial, dasar, madya, utama atau paripurna.

Kalo saya sendiri berpendapat bahwa grade / hasil ini sangat penting karena akan mengangkat brand dari core bisnis puskesmas. Kita di akui secara uji independen dengan sistem penilaian yang ada telah masuk pada level apa ? pertanyaannya adalah bagaimana mempersiapkan puskesmas kita ketika akan dilakukan survey akreditasi ?

Di bawah ini saya akan memberikan sedikit gambaran bagaimana puskesmas mempersiapkan diri sebelum dilakukan survey. Hemat saya kita bagi beberapa kategori ya :

* Persiapan internal ( paling penting ). Persiapan ini meliputi beberapa hal pokok, seperti :

  • Pemahaman tentang pokok pikiran dan elemen penilaian. Karena setiap bab dan elemen penilaian adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Elemen penilaian juga “ runut “ pasti saling sambung menyambung antara satu dan yang lainnya dari setiap butir elemen penilaian. Peran PJ masing-masing bab menjadi hal pokok dan penting karena diskusi akan panjang membahas dan mengupas hal tersebut.
  • Imlpementasi nya juga tidak boleh di acuhkan. Dokumentasi dbutuhkan baik fisik dan nonfisik.
  • Beberapa surveyor terkadang tidak terlalu melihat secara detail dokumen tetapi yang dilihat adalah pemahaman dari setiap elemen penilaiannya. Dan disini akan terlihat apakah kita memahami atau tidak maksud implikasi dari elemen penilaian yang ada.
  • Pahami konsep P.D.C.A ( planing do check dan action ). Sinkronkan juga dengan elemen penilaian dan aplikasi di lapangan.

** Persiapan external. Persiapan ini meliputi beberapa hal pokok, seperti :

  • Persiapan ini meliputi kondisi puskesmas. Percantik puskesmas dengan komposisi yang benar. Misal, penunjuk jalan,pesan promotif, pelayanan apa yang ada di puskesmas, komposisi staf dan kebersihan puskesmas.
  • Tampilkan profil singkat puskesmas dan data RPK dan RUK secara garis besar saja.
  • Kalo bisa seluruh staf puskesmas menggunakan seragam yang sama. Batik misalnya.
  • Sambutan dari bupati/walikota juga menjadi penting.
  • Bila memungkinkan bisa menampilkan acara sambutan terhadap tim surveyor.

*** Koordinasi. Koordinasikan penilaian akreditasi ini ke dinas kesehatan kabupaten/kota. Akan lebih baik bila semua pemangku jabatan bisa hadir. Mulai dari Bupati/walikota, wakil bupati sampai pada pejabat terkait eselon 4. Tokoh masyarakat juga menjadi penting untuk hadir. Misalnya, camat, kepala desa/lurah, masyaraakt sekitar, kader desa, kepala desa.

Demikian temans, hal-hal yang perlu dipersiapkan saat akan dilakukan survey akreditasi puskesmas. Bila ada usul atau ide yang perlu ditambahkan silahkan tuangkan di halaman kontak saya. Terima kasih

SOP Akreditasi

  • pertanyaan surveyor akreditasi puskesmas tentang ukp
  • tim surveyor akreditasi puskesmas
  • Pertanyaan Kunci Surveyor Akreditasi Puskesmas
  • pertanyaan surveor terhadap pj ukm
  • surveyor akreditasi

About the author: Muhammad Putra Kusuma, Pegawai Dinkes Kab. Bangka Barat. Mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia, Epidemiologi Komunitas

Show Buttons
Hide Buttons