≡ Menu

Mengenal Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati Kanker Payudara

Mengenal Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati Kanker Payudara

Penyakit kanker payudara merupakan penyakit yang pada umumnya menyerang para wanita, meskipun demikian tak menutup kemungkinan para pria untuk terserang penyakit kanker payudara dengan perbandingan 1 diantara 1000. Hingga saat ini para ahli peneliti masih belum mengetahui akan penyebab pasti dari munculnya kanker payudara. baca : gejala kanker empedu

Pada tahun 2012 di Indonesia penderita kanker payudara mencapai 40 kasus dari 100.000 penduduk. Jika dibandingan dengan Negara Malaysia, Indonesia dapat dikatakan memiliki jumlah penderita kanker payudara lebih banyak dengan usia yang masih muda. Kanker payudara pada umumnya terbagi menjadi dua kategori, yakni invasif dan non-invasif. baca : cara mencegah kanker paru – paru

Kanker payudara invasive merupakan kanker payudara duktal invasive yang berkembang di sel-sel pembentuk saluran payudara. Kanker payudara non-invansif biasanya ditemukan melalui mamografi karena jarang menimbulkan benjolan. Kedua jenis kanker payudara diatas, dapat menyerang seseorang karena beberapa faktor yang dapat mempengaruhi resiko terserang kanker payudara, berikut beberapa diantaranya, :

Benjolan Jinak Yang Pernah Dimiliki

Memiliki sebuah benjolan yang bersifat jinak, tidak berarti Anda mengidap penyakit kanker payudara. Namun benjolan tertentu dapat memicu resiko terjangkit kanker payudara. baca : gejala kanker pankreas

Riwayat Keluarga

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang mengidap kanker payudara seperti kakak, ibu, adik, atau anak, resiko Anda untuk terjangkit kanker payudara meningkat. Faktor ini biasanya menjadi salah satu penyebab kanker payudara tertinggi di Indonesia.

Faktor Usia

Hal ni menjadi sangat wajar, mengingat pada usia lanjut atau pada masa menopause umumnya memiliki daya tahan tubuh yang rendah sehingga akan dengan mudah terserang oleh penyakit. Bahkan beberapa peneliti menyatakan bahwa kasus kanker payudara sekitar 80% terjadi pada wanita usia lanjut. baca : deteksi dini kanker ovarium

Kelebihan Berat Badan Atau Obesitas

Memiliki bobot berlebihan ketika berusia lanjut atau pada masa menopause akan meningkatkan produksi hormon estrogen. Hal ini merupakan salah satu penyebab kanker payudara.

Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Sudah sejak lama para peneliti memperingatkan untuk tidak dan berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol. Bukan tanpa alasan, mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menicu resiko terkena penyakit – penyakit mematikan seperti kanker payudara.

Gejala Kanker Payudara

Pada umumnya kanker payudara dapat dideteksi dengan adanya penebalan kulit atau benjolan pada area payudara, namun 9 dari 10 benjolan yang muncul bukan termasuk benjolan yang diakibatkan oleh kanker. Selain itu beberapa gejala lain yang biasanya dialami oleh para penderita kanker payudara diantaranya :

  • Rasa nyeri pada area payudara atau ketiak yang tidak memiliki hubungan dengan siklus menstruasi.
  • Keluar cairan dari putting, biasanya disertai dengan darah
  • Berubahnya salah satu ukuran payudara atau keduanya, perubahan bentuk putting, serta mengerutnya kulit payudara.
  • Gatal – gatal hingga muncul ruam di area payudara
  • Gejala kanker payudara diatas perlu Anda waspadai, dan segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi tubuh Anda.

Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara mencegah kanker payudara secara total masih belum diketahui secara pasti, mengingat penyebab dari kanker payudara yang sampai saat ini masih belum diketahui. Namun kita dapat meminimalisirnya dengan melakukan beberapa tips untuk menurunkan resiko terkena kanker payudara seperti berikut :

Menerapkan gaya hidup sehat. Anda bisa melakukannya dengan mengurangi asupan makanan vyang mengandung lemak jenuh untuk menyeimbangkan berat badan Anda agar tetap ideal. Melakukan olahraga secara rutin dan teratur.

Menurut para peneliti wanita yang menyusui memiliki resiko lebih rendah untuk terjangkit kanker payudara. Hal ini disebabkan oleh masa ovulasi mereka tidak menjadi rutin saat sedang menyusui sehingga tingkat estrogen akan tetap stabil. Beberapa cara mencegah kanker payudara tersebut pelu dipertimbangkan untuk Anda terapkan demi menjaga kesehatan dan keberlangsungan hidup Anda.

SOP Akreditasi

  • cara menyembuhkan nyeri payudara yang berkelangsungan
  • https://akreditasipuskesmas org/mengenal-gejala-penyebab-dan-cara-mengobati-kanker-payudara/

About the author: Muhammad Putra Kusuma, Pegawai Dinkes Kab. Bangka Barat. Mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia, Epidemiologi Komunitas

Show Buttons
Hide Buttons